Home Destinasi Ada Banyak Pohon Anggur di Kampung Pengangguran
Destinasi

Ada Banyak Pohon Anggur di Kampung Pengangguran

SIAPA sih yang tidak suka dengan buah anggur? Rasanya yang manis membuat buah ini disukai oleh hampir semua orang. Nah, pada hari Minggu (1/8), Travel2lampung berkunjung ke salah satu lokasi yang sangat unik di Kota Metro. Namanya Kampung Pengangguran yang terletak di Jalan Sepat, Yosodadi, Kecamatan Metro Timur. Di sini terdapat 3 RT dimana sekitar 50 persen warganya menanam pohon anggur dengan 40 jenis varian.

Penggerak Pemuda, Agung Nugroho menemani Travel2Lampung berkeliling di Kampung Pengangguran. Yang pertama dikunjungi adalah Rumah Anggur yang dimiliki oleh Saiful. Di halaman yang luas tersebut ditanam cukup banyak pohon anggur dari berbagai jenis, antara lain Anggur Banana, Ninel, Transfiguration, Jupiter, Julian, dan masih banyak lagi. Menurut penjelasan Agung, masa pembuahan Anggur Jupiter lebih cepat 90 hari dibandingkan dengan jenis lainnya.

Baca juga:  Tempat Wisata Viral Perengan Anteng

Selain pohon yang ditanam di rumah, Travel2lampung juga mengunjungi kebun milik warga. Ukurannya kurang lebih 15 m x 30 m. Salah satu varian yang ditanam adalah Ninel. Satu bulan lalu, telah dilakukan proses pemangkasan terhadap pohon anggur di kebun ini.

Kridawisata Pendaftaran

“Untuk pendiri Kampung Pengangguran, awal mulanya Bapak Saiful, Pemilik Rumah Anggur. Dia mengajak warga untuk menanam Anggur. Beliau sendiri mulai menanam anggur sekitar satu tahun yang lalu. Dan, warga mulai aktif menanam anggur sekitar awal Januari 2021, sudah berumur 8 bulan. Untuk cara penanamannya, mulai dari pembibitan. Dan kita membuat bibit sendiri dan juga mulai beli bibit dari pak Saiful. Untuk menanamnya sendiri, kita sesuaikan ke tanah. Karena, buah anggur sendiri tidak membutuhkan banyak air,” kata Agung.

Baca juga:  Taman Sabin Selalu Ramai Dikunjungi Masyarakat

Agung lanjut menjelaskan, dinamakan Kampung Pengangguran agar unik dan berbeda. Selain itu, areanya mencakup 1 RW dan dilakukan secara bersama-sama. Dia pun berharap nantinya Kampung Pengangguran ini semakin maju dan tidak hanya bertanam buah anggur saja. Tapi juga akan membangkitkan sektor-sektor UMKM dan lain-lain. Termasuk, bisa dijadikan sebagai objek wisata.

Nah, buat Sobat Travel2Lampung yang penasaran dan ingin melihat langsung Kampung Pengangguran, bisa menghubungi admin di IG @kampungpeng_angguran, atau Whatsapp: 081224011692. Jangan lupa selalu update informasi seputar pariwisata dan UMKM Lampung dengan cara subcribe Ch. Youtube: Travel2Lampung. Dan ingat, selalu patuhi protokol kesehatan, ya Guys. Sampai jumpa……!(Cho/Ded/E1)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-