• Menara Siger
Home Kabar Lampung, News PT Sucofindo Layani Uji Riksa Peralatan K3 Pesawat Angkat Angkut Milik PTBA
Kabar LampungNews

PT Sucofindo Layani Uji Riksa Peralatan K3 Pesawat Angkat Angkut Milik PTBA

PT SUCOFINDO Cabang Bandar Lampung memberikan layanan Uji Riksa Peralatan K3 Pesawat Angkat Angkut (PAA) milik PT. Bukit Asam. Tbk Unit Pelabuhan Tarahan (07/06/2022). Uji Riksa Peralatan K3 dilakukan oleh personil PT SUCOFINDO Cabang Bandar Lampung yang berkompeten. Pengujian dilakukan dengan metode Pemeriksaan Dokumen, Inspeksi Visual, Pengujian NDT, Uji Beban dan Uji Fungsi Alat. Setelah pengujian selesai, maka dilakukan pemasangan sticker (colour code berwarna merah untuk Tahun 2022), yang telah ditandatangani oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang.

Capt. Henri Ginting MM, kepala KSOP Kelas I menjelaskan bahwa setiap perusahaan yang memiliki peralatan harus memenuhi regulasi yang berlaku demi menunjang operasional.

“Hasil Pengujian Riksa Peralatan K3 PAA pada Bukit Asam dilakukan berdasarkan Regulasi yang berlaku dari Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenaga Kerjaan, serta Surat Edaran yang telah dikeluarkan oleh Kepala Kantor KSOP,” ujar Henri.

Oleh oleh khas Lampung
Baca juga:  Ini Empat MOU yang Disepakati Indonesia-Filipina

Pemeriksaan dan Pengujian Terhadap Pesawat Angkat Angkut, Pesawat Uap Bejana Tekan yang Berada di Kapal dan Pelabuhan diatur dalam Keputusan Bersama Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenaga Kerjaan, yaitu PP No. 72/3/9-99, KEP. 507/BW/1999, Tanggal 21 Desember 1999. Hal terkait juga tertuang pada Surat Edaran Kepala Kantor KSOP No. UM.006/6/18/KSOP-Pjg-22, Tanggal 04 April 2022, Tentang Pengawasan Peralatan Angkat Angkut di Wilayah Kerja Pelabuhan Panjang.

“Pengujian Pesawat Angkat Angkut dilakukan untuk menunjang Kesehatan dan keselamatan Kerja di lingkungan PT Bukit Asam. Tbk. Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan prioritas kami dalam beroperasi. Kolaborasi dengan PT. SUCOFINDO Cabang Bandar Lampung merupakan langkah tepat untuk mengoptimalkan sinergi antar BUMN”, kata Dadar Wismoko, General Manager (GM) PT Bukit Asam. Tbk Unit Pelabuhan Tarahan.

Baca juga:  Gubernur Arinal Tinjau Lokasi Investasi Japfa Comfeed di Danau Ranau

Kepala PT SUCOFINDO Cabang Bandar Lampung, Nasrul I Harahap mengungkapkan, “Pengujian terhadap Peralatan K3 telah selesai dilakukan dan seluruhnya telah memenuhi syarat K3 untuk beroperasi hingga waktu yang telah ditentukan. Kami akan selalu menjaga kualitas pelayanan untuk menunjang operasional perusahaan untuk memenuhi kaidah K3 yang baik dan benar.”

Selain melayani Uji Riksa Peralatan K3 yang meliputi Uji Peralatan Pesawat Uap Bejana Tekan, Sistem Proteksi Kebakaran, Pesawat Tenaga dan Produksi, Instalasi Listrik, Penyalur Petir, Elevator dan Eskalator, Sertifikasi Laik Operasi, Sertifikasi Laik Fungsi Bangunan, Assessement Struktur Bangunan dan Pekerjaan Non Destructive Test, PT. SUCOFINDO Cabang Bandar Lampung juga melayani Inspeksi dan Audit, Laboratorium, Pelatihan, Sertifikasi, serta dilengkapi dengan Laboratorium untuk Pengujian Produk Mineral dan Batubara, Produk Hasil Pertanian, Produk Makanan dan Minuman, serta Kalibrasi Peralatan.(*/Ded)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: Dark Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-