Home Info Usaha Pembibitan Sayuran dari Pekarangan Rumah
Info

Usaha Pembibitan Sayuran dari Pekarangan Rumah

Sudah hampir 5 bulan ini, Pak Budi (60), menekuni usaha pembibitan sayuran. Ia menjalankan usaha tersebut di samping rumahnya yang terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Pelanggannya biasa memesan bibit cabe, terong atau tomat.

Saat ditemui Travel2Lampung, Jum’at (27/8), Pak Budi sedikit menjelaskan awal mula ia menjalakan usaha pembibitan sayuran.

“Awal, saya hanya bingung saja, ingin usaha apa. Setelah saya pikir-pikir, saya ingin mencoba memulai usaha seperti ini, yaitu usaha pembibitan  sayuran. Dan alhamdulillah, sekarang sudah sedikit mapan. Untuk luas lahan ini sekitar 7×15 M,” kata Pak Budi.

Kridawisata Pendaftaran

“Ya tinggal pemesanan saja  konsumennya, kalau  mau pesan  seperti bibit  terong, bibit cabe, bibit tomat, rempai atau apapun bisa dipesan.  Kalau disini yang ada bibit terong ungu, terong apel, terong lalap, kalau cabe ada cabe rawit, cabe setan (warna putih), orion,” lanjutnya lagi.

Baca juga:  Badak Lampung FC, Klub Kebanggaan Warga Lampung

Harga bibit sayuran yang dijual bervariasi. Kalau bibit yang mereknya  bagus dan mahal, sekitar Rp350 per batang,  yang biasa-biasa saja, Rp300. Pembeli datang langsung ke rumahnya untuk mengambil bibit yang dipesan. Mereka tidak hanya datang dari Desa Sumber Jaya saja, banyak juga dari desa sekitar seperti Sukamaju, Margadadi, bahkan dari Kabupaten Lampung Timur.

“Ya kadang kala penyakitnya seperti hama kutu yang obatnya belum  ketemu. Tapi kalau yang sudah-sudah bisa bagus sendiri. Untuk tumbuh bibit sayuran ini dari awal sampai siap tanam sekitar 20 sampai 25 hari. Kalau orang pesan  biasanya memesan 500 batang, 1000 batang, 2000 batang bahkan ada yang 3000 batang. Jika ingin membeli, berapa saja dikasih dan tidak ada batasan membeli berapa batang,” jelas Pak Budi lagi.

Baca juga:  Gitar Custom Mas Yanto Dikirim Hingga ke NTB

Bagaimana, menarik bukan? Nah, untuk Sobat Travel2Lampung yang membutuhkan bibit sayuran, bisa langsung  datang ke lokasi atau bisa juga menghubunginya melalui Wahatsapp di nomor 081529584822.

Oke Guys, jangan lupa selalu update informasi seputar pariwisata dan UMKM  Lampung dengan cara subcribe Ch. Youtube: Travel2Lampung dan selalu baca artikel travel2lampung.com. Dan ingat, selalu patuhi protokol kesehatan, ya. Sampai jumpa……!(Cho/Ded/E1)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-