• Menara Siger
Home Info Youth with Sanitation Concern Menjadi Pelopor Perubahan Perilaku Sanitasi Aman
Info

Youth with Sanitation Concern Menjadi Pelopor Perubahan Perilaku Sanitasi Aman

Youth with Sanitation Concern (YSC) merupakan komunitas pemuda yang peduli dengan isu sanitasi, khususnya di Provinsi Lampung. Komunitas ini dibentuk oleh 46 orang pemuda, yang merupakan alumni dari Youth Sanitation Camp tahun 2018 di Bandar Lampung, yang diselenggarakan oleh SNV Netherland Development Organisation bersama WALHI Lampung dan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS).

Berangkat dari sebuah camp, selanjutnya komunitas ini resmi mendeklarasikan diri pada 25 November 2018, saat acara Festival Sanitasi di Bandar Lampung. Deklarasi ini diikuti dengan penandatanganan komitmen bersama untuk menjadi pemuda pelopor perubahan sanitasi aman yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) point 6 di tahun 2030.

Visi YSC adalah menjadi Pelopor Perubahan Perilaku Sanitasi Aman. Untuk mencapainya, dilakukan melalui kegiatan-kegiatan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) YSC yang berkualitas dalam perilaku sanitasi aman, menumbuhkebangkan partisipasi pemuda dan masyarakat dalam mewujudkan perilaku sanitasi aman dan membangun kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka mewujudkan perilaku sanitasi aman.

Kridawisata Pendaftaran
Baca juga:  3 Tempat Menginap dengan Suasana Asri di Bandar Lampung

Sejak dideklarasikan pada akhir 2018 lalu, berbagai kegiatan telah dilakukan. Seperti dalam rangka menahan laju penyebaran pandemi Covid 19, Bulan Maret lalu YSC mengadakan Penggalangan Dana dan Produksi Masker Kain untuk mereka yang membutuhkan dan Sosial Media Campaign “Lawan Corona dengan Caraku”, Maret-April 2020.

Selain kegiatan yang sifatnya untuk pihak eksternal, YSC juga mengadakan kegiatan dalam rangka meningkatkan kapasitas  para anggotanya, antara lain Capacity Building Needs Assessment (Desember 2018), Training Pembuatan Keranjang Takakura Untuk Pengolahan Sampah Rumah Tangga (Februari 2019), Workshop Fotografi (Februari 2019), Training Manajemen Kebersihan Menstruasi (April, 2019), Workshop Videography (Agustus, 2019), Workshop Social Media (Agustus, 2019) dan Traning Komunikasi dan Fasilitasi (April 2020).

Baca juga:  Silahturahmi, Olahraga dan Berprestasi di Aiza Climbing Academy (ACA)

Tak heran, anggota komunitas yang sekarang diketuai oleh Khorik Istiana ini, telah diakui kompetensinya sehingga sering kali diundang sebagai narasumber di beberapa media siaran.

Beberapa diantaranya bahkan sering menang lomba menulis dan mengisi rubrik opini di surat kabar. (ysc/fou)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: Cheap Yeezy

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-