Home News Kedatangan Ketua TP PKK Provinsi di Pringsewu Disambut dengan Tarian Bedana Lunik oleh Penari Cilik
News

Kedatangan Ketua TP PKK Provinsi di Pringsewu Disambut dengan Tarian Bedana Lunik oleh Penari Cilik

KUNJUNGAN Kerja Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal ke Pringsewu, Senin (08/11), diterima langsung oleh Bupati Sujadi Saddat, Wakil Bupati Fauzi yang juga sebagai Ketua PMI Pringsewu, Ketua TP PKK Pringsewu Nur Rohmah Sujadi, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Kedatangan Riana Sari di Aula Kantor Bupati Pringsewu disambut dengan Tarian Bedana Lunik oleh 6 orang penari cilik dari Paud Latifah 3 Sidoharjo.

Dalam sambutannya, Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa pandemi covid-19 telah berlangsung hampir 2 tahun dan membawa dampak yang sangat luar biasa, baik secara kesehatan, ekonomi, sosial maupun budaya.

“Pandemi telah membawa dampak yang sangat luar biasa pada masyarakat, mulai dari kehilangan anggota keluarga hingga kehilangan mata pencaharian. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua,” ucapnya.

Kridawisata Pendaftaran

Namun demikian, menurut Riana, semangat saling membantu dan kepedulian terhadap sesama menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi ini.

“Kegiatan pada hari ini mengambil tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”, untuk mengingatkan kita semua bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa pandemi ini,” ucap Riana Sari lagi.

Baca juga:  Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia XX dilaksanakan UPT Taman Budaya

Berbagai gerakan untuk saling berbagi, serta program dipelopori oleh PKK beserta 7 Organisasi kewanitaan lainnya, yakni Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial, Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia, dan Palang Merah Indonesia. Riana Sari Arinal berharap semua rintangan yang diakibatkan oleh pandemi covid-19 akan mampu untuk diatasi. Berikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan;

1. Dekranasda
Pengembangan kerajinan berbahan dasar bambu, gerabah dan batik dengan motif khas Kabupaten Pringsewu, yaitu motif bambu.

2. Pokja PAUD
Yakni dengan mewujudkan PAUD Holistik Integratif yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan dan gizi, serta pola pengasuhan dan perlindungan, serta program Satu desa satu PAUD

3. Pokja Literasi
Mengkampanyekan literasi untuk meningkatkan minat baca, Program terampil membaca untuk anak sebagai dasar anak-anak untuk belajar formal, dan program satu desa satu perpustakaan/pojok baca desa.

4. Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial
Yakni dengan meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang disekitar kita, Pendampingan anak-anak yang kehilangan orangtua dampak pandemi COVID-19, serta inisiasi Sekolah Lanjut Usia oleh LKKS Kabupaten Pringsewu.

Baca juga:  Pemprov Lampung Gelar Rapat Persiapan Groundbreaking Bakauheni Harbour City

5. Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia
Melakukan pendampingan bagi atlet wanita berprestasi, memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga
6. Yayasan Jantung Indonesia
Memasyarakatkan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat (termasuk generasi muda untuk menghindari rokok), dan pemeriksaan kesehatan secara berkala

7. Palang Merah Indonesia
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah, dan percepatan cakupan vaksinasi, serta aktif dalam kampanye pelaksanaan donor darah, plasma konvalesen maupun pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pringsewu

Riana Sari Arinal sangat berharap kerjasama antar organisasi ini dapat terus terjalin. Ia juga memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat.

“Saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial, ekonomi maupun budaya,” ujarnya

“Terima kasih juga saya sampaikan atas peran aktif seluruh organisasi yang ada di Kabupaten Pringsewu serta dukungan penuh dari Bapak Bupati beserta jajaran. Semoga pandemi ini segera berlalu, dan kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus membangun Bumi Lampung yang kita cintai,” tutup Riana Sari.

Baca juga:  Pemprov Lampung Terima Bantuan 10 Oksigen Konsentrator dari Gojek Tokopedia

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal atas dukungan, pembinaan serta bantuan yang telah diberikan.

Dalam kesempatannya, Riana Sari Arinal menyerahkan bantuan berupa paket sembako, alat shalat, alat tulis, hygiene kit, bibit tanaman dan budidaya ikan dalam ember kepada pondok pesantren, panti asuhan, ibu hamil, balita kurang gizi, desa, KWT dan PKK desa.

Selain itu, pada kunjungan kerjanya di Pringsewu, Riana Sari Arinal selaku ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung, didampingi Ketua LKKS Kabupaten Pringsewu Nur Rohmah Sujadi meresmikan Sekolah Lanjut Usia Amanah Bunda di Sidoharjo.(*ls/Ded)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-