• Menara Siger
Home Berita Nasional, News Kemenparekraf Berupaya Tingkatkan Partisipasi Publik dalam Presidensi G20 Indonesia
Berita NasionalNews

Kemenparekraf Berupaya Tingkatkan Partisipasi Publik dalam Presidensi G20 Indonesia

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan seminar nasional dalam rangka sosialisasi isu-isu yang diangkat dan dibahas dalam Kelompok Kerja Pariwisata (Tourism Working Group) G20 kepada publik terkait pariwisata dan ekonomi kreatif.

Seminar Nasional yang digelar Kemenparekraf/Baparekraf tersebut bertajuk “Advancing Tourism Recovery and Concrete Deliverables Through MSMEs and People Centered Development with the 5 Lines of Actions“.

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya secara daring di acara tersebut, Kamis (28/), mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran publik terhadap Presidensi G20 Indonesia khususnya di kelompok kerja pariwisata semakin meningkat dan akhirnya partisipasi publik terhadap G20 juga semakin tinggi.

Kridawisata Pendaftaran

“Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi publik secara luas khususnya pentahelix pariwisata dan ekonomi kreatif mengenai isu-isu yang diangkat dan dibahas dalam Kelompok Kerja Pariwisata G20; serta memperoleh masukan cross cutting issues pada Working Group dan Engagement Group G20 terkait isu strategis sesuai dengan kondisi terkini dan ke depan dalam pengembangan kepariwisataan,” kata Sandiaga.

Baca juga:  PT Sucofindo Layani Uji Riksa Peralatan K3 Pesawat Angkat Angkut Milik PTBA

Selain itu juga mempertajam kerangka kerja yang implementatif secara terukur melalui partisipasi publik terhadap G20.

Sandiaga mengatakan keketuaan Indonesia di G20 tahun ini harus menjadi momentum yang sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal untuk terus mendorong kebangkitan sektor pariwisata sehingga dapat mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

“Saat ini kita semua terus bergotong-royong untuk mendorong pemulihan dari krisis akibat pandemi. Untuk mencapai pemulihan tersebut, pariwisata menjadi salah satu pilar yang memiliki peranan sangat penting. Keketuaan Indonesia di G20 tahun ini menjadi momentum yang perlu kita manfaatkan untuk terus mendorong kebangkitan sektor pariwisata,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Melalui Presidensi G20 tahun ini, Indonesia berkomitmen untuk terus menggalang kolaborasi dengan negara-negara anggota G20 untuk mewujudkan pariwisata yang lebih inklusif dan tangguh melalui penyusunan panduan strategis “Bali Guidelines on Strengthening Communities and MSMEs as Tourism Transformation Agents – A People Centered Recovery”.

Baca juga:  Menteri ESDM Ikuti Parade Motor Listrik

Panduan tersebut berpedoman pada lima pilar utama yaitu; sumber daya manusia; inovasi, digitalisasi dan ekonomi kreatif; pemberdayaan perempuan dan pemuda; aksi di bidang perubahan iklim, konservasi, keanekaragaman hayati dan ekonomi sirkular; juga kebijakan, tata kelola, dan kerangka investasi.

Sandiaga berharap dalam pelaksanaan seminar ini pembicara dan praktisi dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk memperkaya proses penyusunan Bali Guidelines dan mengharapkan dukungan serta keterlibatan semua pihak termasuk para pemangku kepentingan untuk berkomitmen, bersinergi, dan berperan aktif dalam pemulihan ekonomi Indonesia.(*ls/Par/Ded)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-