Home Kabar Lampung, News Provinsi Lampung Peringkat Pertama Peningkatan Produksi Padi
Kabar LampungNews

Provinsi Lampung Peringkat Pertama Peningkatan Produksi Padi

GUBERNUR Lampung Arinal Djunaidi menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Kementerian Pertanian. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Senin(13/9).

Ada 5 Provinsi dan 5 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan oleh Kementerian Pertanian karena telah melakukan peningkatan produksi pangan, utamanya beras, jauh lebih tinggi dari ekspektasi yang telah ditetapkan. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada daerah yang memiliki kinerja ekspor pertanian, melampaui target yang telah ditetapkan.

Provinsi Lampung sendiri menjadi peringkat pertama di bidang pertanian tahun 2021 dengan Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020. Peringkat kedua sampai lima secara berurutan diberikan kepada Provinsi Jawa Timur, Banten, Sumatera Selatan dan Jambi.

Star International Hotel School

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang terpilih menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021. Wapres berharap penghargaan tersebut dapat menjadi inspirasi Kepala Daerah lain untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga:  Kemenparekraf Jalin Kerja Sama dengan Smeshub dalam Pengelolaan Sampah yang Dihasilkan Pelaku UMKM

“Selamat kepada para Gubernur dan Bupati yang daerahnya terpilih untuk mendapatkan penghargaan Bidang Pertanian tahun 2021. Anda telah bekerja keras dan menginspirasi kepala daerah yang lain untuk juga bekerja keras berpacu meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ucapnya.

Wapres menuturkan, terdapat 3 hal yang yang telah ditetapkan pemerintah menjadi tujuan pembangunan pertanian di tanah air , yaitu pemenuhan kebutuhan pangan rakyat, peningkatan kesejahteraan petani, dan peningkatan ekspor.

Terkait pemenuhan kebutuhan pangan rakyat Indonesia, pemerintah masih bisa menjamin ketersediaan 11 komoditas utama bagi 273 juta jiwa masyarakat Indonesia. Hingga minggu ketiga Agustus 2021 stok beras mencapai 7,60 juta ton dan  total ekspor pertanian dari Januari hingga Juli 2021 mencapai 2,24 miliar Dollar AS. Terjadi peningkatan sebesar 8,72 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Baca juga:  Desa Wisata Ugar Sajikan Perpaduan Lanskap Gugusan Pulau Kecil, Langit Biru, dan Hutan Hujan Tropis

Sementara itu, lapangan kerja yang menyerap tenaga kerja paling banyak adalah sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, yaitu sebesar 29,59%.

Menteri Pertanian Dr H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H dalam laporannya mengatakan bahwa Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas kinerja Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian, juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang bertepatan dengan tanggal 24 September 2021.

“Bapak Wakil Presiden, yang didepan bapak ini adalah para Gubernur dan Bupati para penyelamat bangsa, yakni orang-orang yang bisa kita banggakan, inilah andalan Indonesia yang menjadi Pionir, penerobos untuk kepentingan bangsa, kebutuhan bangsa, dan harapan bangsa kedepan,” ungkapnya.

Baca juga:  Menparekraf Sandiaga Dorong UMKM Terus Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi

Sementara itu, Gubernur Lampung dalam keterangannya usai menerima penghargaan menyatakan ucapan terimakasih kepada Wakil Presiden dan Kementerian Pertanian.

“Terimakasih atas penghargaan ini, semoga menjadi motivasi bagi Provinsi Lampung untuk dapat berprestasi lebih baik lagi,” ucap Gubernur.(*rls/Kom/E1)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. I just like the valuable information you provide to your articles.I’ll bookmark your blog and check again here regularly.I am fairly sure I will be informed plenty of new stuff right right here!Good luck for the following!

  2. Heya! I just wanted to ask if you ever have any problems withhackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing monthsof hard work due to no data backup. Do you have any methods to prevent hackers?

  3. I’m curious to find out what blog platform you are using? I’m experiencing some minor security issues with my latest blog and I would like to find something more safe. Do you have any recommendations?

  4. Pingback: 다시보기
  5. Pingback: voir
  6. Pingback: 토토굿게임
  7. Pingback: 토토백화점
  8. Pingback: sbobet
  9. Pingback: sbobet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com-