• Menara Siger
Home Kabar Lampung, News Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia XX dilaksanakan UPT Taman Budaya
Kabar LampungNews

Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia XX dilaksanakan UPT Taman Budaya

ACARA Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia XX yang dilaksanakan UPT Taman Budaya dibuka oleh Gubernur Arinal Djunaidi, Selasa (16/11). Kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun sejak 2002, pada tahun ini mengusung tema “Pesona Ekspresi Di Tengah Pandemi”.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Forkopimda Provinsi Lampung, Ketua Forum Taman Budaya se-Indonesia, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Lampung, Kepala Museum Basuki Abdullah, serta Seniman se-Indonesia.

Temu Karya Taman Budaya XX diselenggaraka tanggal 16-18 November 2021 dan diikuti oleh 18 Taman Budaya se-Indonesia. Materi utama dalam kegiatan ini ialah Pameran Seni dan Pertunjukan. Setiap Provinsi menampilkan potensi budaya, keunikan adat istiadat masing-masing daerah yang dikreasi dalam bentuk pameran seni rupa, pertunjukan seni tari, musik, baca puisi, teater dan karya kolaborasi.

Kridawisata Pendaftaran
Baca juga:  KPU Luncurkan Sipol untuk Parpol Calon Peserta Pemilu

Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Fitra Arda mengatakan bahwa kegiatan ini tidak saja dimaknai sebagai pertemuan tahunan saja, tetapi juga memberi ruang dan fasilitasi para seniman dari berbagai bidang dan generasi dalam berkarya dan berinovasi dalam kemajuan kebudayaan.

Fitra juga mengapresiasi Gubernur Arinal dan seluruh pihak terkait yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini juga atas fasilitasi dan kehadirannya bersama-sama peserta dari seluruh Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur mengharapkan Taman Budaya dapat mempertahankan budaya dan tradisi sekaligus menciptakan hal-hal yang baru. Gubernur mengajak untuk merawat Taman Budaya dalam rangka mempertahankan identitas, karakter, dan keunggulan sebagai sebuah bangsa.

“Saya mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Taman Budaya se-Indonesia yang hadir, mari kita rawat budaya Indonesia agar tidak punah dan tetap kita pertahankan,” kata Gubernur Arinal.

Baca juga:  Menparekraf Dukung Terciptanya SDM Pariwisata yang Berkualitas dan Berdaya Saing

Gubernur juga mengajak seluruh seniman, kritikus seni dan masyarakat untuk mengoptimalkan fungsi taman budaya. Taman Budaya dapat dioptimalkan menjadi tempat wisata seperti kegiatan olahraga, wisata kuliner, seni pertunjukan, termasuk mengadakan kegiatan seni budaya secara online maupun offline.

“Semoga dapat terus merajut jalinan rasa kekeluargaan dan persaudaraan dalam rangka memperkokoh persatuan Bangsa Indonesia melalui seni budaya,” kata Gubernur lagi.

Menandai dibukanya acara, Gubernur melakukan pemukulan cetik bersama Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Forkopimda Provinsi Lampung, Ketua Forum Taman Budaya se-Indonesia, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Lampung.  (*ls/Ded)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-