• Menara Siger
Home Kabar Lampung, News Bencana Erupsi Semeru Menggerakkan Kepedulian Masyarakat Lampung
Kabar LampungNews

Bencana Erupsi Semeru Menggerakkan Kepedulian Masyarakat Lampung

DAMPAK bencana Erupsi semeru pada 4 Desember 2021 yang lalu terus menambah jumlah korban. Tercatat 43 jiwa meninggal, 13 hilang belum ditemukan, 32 luka berat ,dan 82 luka ringan. Selain itu, ada juga pengungsi sebanyak 6.542 yang tersebar di 21 Kecamatan. Kerugian materi yang timbul dari bencana ini juga menelan kerugian kerusakan hampir 3.000 rumah, 42 sarana pendidikan, 1 fasilitas kesehatan, 17 sarana ibadah, dan lebih dari 3.000 ekor ternak.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga tanggap bencana sudah berada di lokasi sejak hari pertama terjadinya bencana. Para relawan melakukan evakuasi korban dan mendirikan posko kemanusiaan di beberapa wilayah bencana. Program Emergency Respon Erupsi Semeru sudah dilakukan dengan menurunkan relawan dan bantuan pangan darurat bagi penyintas bencana erupsi Semeru.

Baca juga:  Gubernur Arinal Berikan Piagam serta Dana Pembinaan kepada Atlet Peraih Medali PON

Alhamdulillah, bencana mampu menggerakkan kepedulian masyarakat Lampung untuk membersamai saudara di Semeru yang tertimpa musibah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pihak turun bahu membahu ambil bagian kepedulian ini. Mulai dari instansi, korporasi, komunitas, hingga mahasiswa, semua ikut bergerak untuk Semeru.

Kridawisata Pendaftaran

Tak ketinggalan, sejumlah masjid di Lampung juga sudah turut serta dalam gerakan kepedulian ini. Sebut saja Masjid Al Ikhlas Sukarame , Masjid Al Abror Way Hui, Masjid Al Muwahiddin Palapa dan Risma Masjid Taqwa Gunung Sari Tanjung Karang. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Cabang ACT Bandar Lampung Fajar Yusuf Dirgantara dalam rilis yang diterima redaksi pada Senin (13/12).

Selain bantuan di masa emergency ini, ACT jjuga sudah menyiapkan Program Recovery Erupsi Semeru seperti pembangunan ICS (Integrated Community Shelter) semacam hunian sementara, Masjid sementara, MCK sementara, dan sekolah sementara.

Baca juga:  Gubernur Arinal Djunaidi Buka MTQ ke-48 Tingkat Provinsi

“Semoga ikhtiar ini terus menggerakkan kepedulian semua pihak yang ingin menjadikan momentum ini sebagai ladang kebaikan dan menggerakkan kedermawanan masyarakat di tengah kesulitan saudara yang tertimpa ujian dari Allah. Rasulullah bersabda “Siapa yang ingin diselamatkan oleh Allah pada hari kiamat, hendaklah ia memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan,” pungkasnya.(*ls/Ded)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-