• Menara Siger
Home Info Budidaya dan Usaha Pembibitan Kakao
Info

Budidaya dan Usaha Pembibitan Kakao

SUDAH hampir 4,5 tahun Abdul Rahman menjalani usahanya berupa pembibitan dan budidaya kakao. Kebunnya yang cukup luas, terletak di Desa Pakuan Aji, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur. Di sana, ia menanam kakao sambung dan lokal.

Saat ditemui Travel2Lampung pertengahan Maret lalu, Abdul Rahman menjelaskan cara membuat bibit kakau dan cara proses kakao sambung samping.

“Untuk cara menanam bibit kakau ini, yang pertama, biji kakao yang sudah tua ditanam di polybag  terlebih dahulu. Tunggu sekitar 4 bulan. Setelah itu, barulah diadakan penyambungan,” ujarnya.

Oleh oleh khas Lampung

Sementara itu, proses sambung samping di lahan dilakukan pada pohon kakau lokal yang sudah berumur 25 tahun. Ranting-rantingnya dipangkas sekitar 80 persen kemudian dipupuk. Sekitar 1,5 bulan, barulah dilakukan penyambungan dengan cara menyayat batang entres dan dimasukkan ke kulit batang.

Baca juga:  Ini Dia, 11 Kuliner Keraton Mangkunegaran dalam Gala Dinner IWTCF 2022

Menurut Abdul Rahman, menanam dan memelihara bibit kakao sambung ini lebih mudah daripada yang lokal. Proses penyemprotan, pemangkasan dan panen akan lebih mudah karena pohonnya lebih pendek dibandingkan kakau lokal. Selain itu, kakao sambung sudah bisa menghasilkan buah sekitar kurang lebih 1 atau 2 tahun kedepan.

Buah kakao yang sudah matang akan berwarna merah atau kuning. Setelah bijinya dikeluarkan dari buah, selanjutnya dijemur. Biji kakao yang sudah kering ini lah akan dijual.

Selain menghasilkan biji kokao itu sendiri, Abdul Rahman juga menyediakan bibit. Pembelinya berasal dari Lampung bahkan yada ang dari Bali.

“Untuk pemesanan, bisa langsung menghubungi melalui WA 081224912177. Lokasi di Desa Pakuan Aji, Sukadana, Lampung Timur. Kami siap antar dimanapun,” tutupnya.(Cho/Ded)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: nova88
  2. Pingback: Buy ammo online
  3. Pingback: le blog suivant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-