• Menara Siger
Home Berita Nasional, Kabar Lampung KPU: Perguruan Tinggi Miliki Peran Penting dalam Kepemiluan
Berita NasionalKabar Lampung

KPU: Perguruan Tinggi Miliki Peran Penting dalam Kepemiluan

ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yulianto Sudrajat menyampaikan bahwa peran perguruan tinggi cukup signifikan bagi KPU dalam rangka membangun proses-proses demokratisasi dan memberikan kontribusi penuh dalam kepemiluan.

Hal itu disampaikan Yulianto saat memberikan arahan secara daring pada Rapat Koordinasi Penandatanganan Nota Kesepahaman antara KPU dengan Perguruan Tinggi dan KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY yang digelar KPU DIY, Rabu (13/7).

Menurutnya, KPU mendukung dan mengapresiasi rencana kerja sama dengan tujuh perguruan tinggi di DIY yang akan dilaksanakan 26 Juli 2022. Ketujuh perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Kridawisata Pendaftaran
Baca juga:  Kusnardi Jadi Narasumber dalam Acara Penguatan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

“Khusus perguruan tinggi yang strategis di DIY, KPU memandang ini adalah bagian yang harus dilakukan langsung di KPU,” ujar Yulianto dalam keterangannya, Rabu (13/7).

Ia mengungkapkan alasan pentingnya kerja sama ini. Ada beberapa agenda berkaitan akademik yang dibutuhkan KPU selain tata kelola pemilihan umum (pemilu) yang selama ini telah berjalan dengan beberapa perguruan tinggi.

“Tentu dari sisi pengembangan sumber daya manusia (SDM), kebutuhan riset dan penelitian,” ucap Yulianto.

Selain itu, kerja sama dengan perguruan tinggi ini menjadi titik poin KPU ke depan terkait dengan rekrutmen KPPS untuk bisa bekerja sama dengan kampus.

“Menggandeng mahasiswa melalui program Merdeka Belajar untuk menjadi petugas di penyelenggaraan pemilu,” ucap Yulianto lagi.

Baca juga:  Gubernur Arinal Paparkan Progres Penanganan Covid-19 dan Pertanian di Silakwil ICMI

Terkait dengan kerja sama dengan pemda, menurut Yulianto, selama ini telah berjalan dan kerja sama KPU DIY dengan Pemda DIY ini menjadi penegasan kembali dukungan pemda kepada KPU menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

“Mengingatkan kembali dan hal ini adalah bagian dari komunikasi secara kelembagaan dengan pemda agar support bisa lebih maksimal kepada KPU yang saat ini sudah memasuki tahapan pemilu dilanjutkan tahapan pilkada serentak,” tutup Yulianto.(*ls/kpu/ded)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-