• Menara Siger
Home Destinasi, Wisata Agrowisata Petik Jeruk di Desa Kibang
DestinasiWisata

Agrowisata Petik Jeruk di Desa Kibang

SEORANG petani holtikultura, Zainal Abidin belum lama ini membuka agrowisata petik jeruk di Desa Kibang, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur. Luas lahan yang dikelolanya sekitar 1,5 hektar.

Hampir setiap hari, pengunjung yang datang sering kali ramai, terutama pada akhir pekan. Kebanyakan, mereka datang dari daerah sekitar seperti Metro dan Bandar Lampung. Namun, ada juga yang cukup jauh, seperti Kotabumi.

Untuk masuk dan mengelilingi lahan, pengunjung cukup membayar Rp10.000 (orang dewasa) atau Rp5.000 (anak-anak). Jika ingin membeli jeruk untuk dibawa pulang akan dikenakan Rp15.000/kg.

Oleh oleh khas Lampung

Saat ditemui Travel2Lampung pada akhir Mei lalu, pria yang juga sering dipanggi Zainal Cabe mengungkapkan bahwa ia sudah menjadi petani holtikultura sejak tahun 1989. Dan sebelumnya, komoditas utama yang ditanam ialah cabe. Mangkanya, hingga kini zainal tetap menanam cabe di sela-sela pohon jeruk.

Baca juga:  Di Dayn Waterboom, Pengunjung Dapat Bermain Wahana Air Sekaligus Menikmati Pantai

“Sejarahnya, dulu pernah menanam cabe. Pernah sampai harga hanya Rp3.000. Kemudian menanam lagi, tapi harganya Rp4.000. Sering merugi. Akhirnya, kita coba nanam jeruk,” ujar Zainal.

Lanjutnya, ada beberapa jenis jeruk yang ditanam, antara lain jeruk bw, jeruk siam madu, dan jeruk keprok.

“Jadi hanya mencoba. Ternyata karena bekas tanaman sayuran, cepat (red: tumbuh). Umur 2,5 tahun sudah mulai panen. Menanamnya ini hanya manual saja. Hanya dilubangi, kemudia ditanam. Karena selama ini menanam tanaman selalu menanam sayur, jadi tidak pakai kompos atau segala macam,” kata Zainal lagi.

Ia berharap mendapatkan bimbingan dari instansi terkait, terutama dari Dinas Pertanian, terkait masalah virus pada jeruk.

Baca juga:  Barisan Pohon Kelapa dan Suara Ombak di Pantai Ketapang

“Buah jeruk, jika sudah terkena virus maka umurnya tidak panjang,” ujar pungkasnya.(Cho/Ded)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: maxbet
  2. Pingback: snuscore de

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-