• Menara Siger
Home Berita Nasional, News Gubernur Bali: Program Konversi Motor Listrik Merupakan Implementasi Penggunaan Energi Bersih
Berita NasionalNews

Gubernur Bali: Program Konversi Motor Listrik Merupakan Implementasi Penggunaan Energi Bersih

GUBERNUR Bali I Wayan Koster menyatakan bahwa program konversi motor listrik merupakan implementasi penggunaan energi bersih di Provinsi Bali yang diatur Peraturan Gubernur Provinsi Bali Nomor 45 Tahun 2019 yang pada sektornya telah diatur Gubernur Provinsi Bali No 48 Tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh I Wayan Koster pada Parade Motor Listrik ke-3 yang merupakan ajang Energy Transitions Working Group (ETWG), dilansir dari rilis Kementerian ESDM, Kamis (1/9).

“Jadi, apa yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan G20 terkait dengan transisi energi bersih selaras dengan yang dilakukan Provinsi Bali. Karena itu, saya sangat mendukung kebijakan ini. Tahun 2023, rencananya kami akan intensifkan dengan memberlakukan kebijakan zonasi maupun juga penggunaan untuk anak-anak muda, anak-anak SMA, dan mahasiswa untuk menggunakan kendaraan listrik,” ujar Koster. 

Kridawisata Pendaftaran

Ia mengatakan, alasan menggunakan kendaraan listrik disebabkan jauh lebih murah. Kemudian, tidak banyak memerlukan perawatan, tidak pakai oli, tidak keluar asap dari knalpot, sehingga jadi lebih bersih. 

Baca juga:  Terminal VVIP Lanud Halim Perdana Kusumah Siap Sambut Tamu Negara Presidensi G20

Kebijakan penggunaan energi bersih ditindaklanjuti Pemprov Bali dengan akan menjadikan Pulau Nusa Penida sebagai implementasi awal program ini diikuti dengan daerah-daerah wisata lainnya, seperti Ubud dan Sanur. 

Koster juga mengatakan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengalihkan kendaraan BBM ke kendaraan listrik akan dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya karena alasan lebih hemat. 

“Pengalihan penggunaan motor BBM ke listrik oleh masyarakat Bali bukanlah hal yang sulit seperti pengalihan dari penggunaan kayu ke minyak dan minyak ke gas. Semua berlangsung dengan baik karena pengalihan ini membuat pengeluaran lebih murah. Saya optimis akan berjalan dengan baik,” pungkas Koster. 

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyatakan dukungan penuh terhadap kebijakan yang dikeluarkan Kementerian ESDM serta mengapresiasi dua regulasi dukungan yang sudah dikeluarkan Pemprov Bali. 

Baca juga:  Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia dalam Posisi Aman

“Kami di sini mendukung penuh kebijakan yang dikeluarkan Kementerian ESDM dalam konversi motor listrik. Khusus di Bali, ada program energi bersih dan kemandirian energi di Gubernur Bali, yaitu sudah ada dua Peraturan Gubernur Bali di 2019. Kami mendukung salah satunya tadi, motor listrik, tetapi hasil dari konversi,” ujar Darmawan. 

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan PLN ialah kerja sama dengan Kementerian ESDM juga Pemprov Bali untuk membangun ekosistemnya. 

“Tugas pertama dari Kementerian ESDM bekerja sama dengan PLN juga Pemprov Bali, di sini membangun ekosistemnya. Tadi bagaimana dalam program konversi ini bisa juga membangun kapasitas nasional, tetapi dalam hal ini khususnya kapasitas daerah karena tadi salah satu yang melakukan konversi adalah kekuatan lokal langsung dari Provinsi Bali. Jadi, langsung berhubungan dengan Pak Gubernur. Semoga mendapat dukungan,” terang Darmawan. 

Baca juga:  Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Perbasasi Provinsi Lampung Masa Bakti 2022-2026

Darmawan menegaskan ini bukanlah program Kementerian ESDM saja, melainkan juga lintas kementerian dan lembaga. Seluruh kebijakan ini dalam pelaksanaannya sudah didukung semua pihak, termasuk perizinan dari kepolisian. 

“Proses konversi untuk perizinan juga sudah didukung langsung kepolisian. Jadi, ini bukannya program Kementerian saja, bukan programnya PLN saja, tapi ini program dari komponen bangsa ini, bagaimana kita bisa mendukung program ini dapat berjalan dengan baik,” tutup Darmawan.(*ls/Jur/Ene/Ded)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: sbo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-