Home Destinasi Museum Lampung Tetap Eksis di Masa Pandemi
Destinasi

Museum Lampung Tetap Eksis di Masa Pandemi

Hallo Sobat Travel2, pernah dengar semboyan “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah” atau disingkat “Jasmerah”? Travel2Lampung mengutip semboyan ini, karena kita akan membaca artikel tentang Museum Lampung.

Ya, semboyan yang sangat populer ini diucapkan oleh founding father kita, Ir.Soekarno. Berbicara mengenai sejarah, maka tak terlepas dari keberadaan sebuah museum. Hal ini sangat penting, mengingat museum tidak hanya sebagai pelindung benda cagar budaya. Salah satu fungsi lainnya ialah sebagai tempat untuk mengetahui sejarah dan ilmu pengetahuan.

Rabu (10/2), Travel2Lampung mengunjungi museum terbesar di Lampung, yaitu Museum Negeri Provinsi Lampung “Ruwa Jurai”.ย  Masyarakat lebih sering menyebutnya “Museum Lampung”.

Kridawisata Pendaftaran

Museum ini mempunyai tugas melaksanakan pengumpulan, perawatan, dan penyajian serta penelitian dan memberikan bimbingan edukatif kultural tentang benda bernilai budaya yang bersifat regional.

Menarik untuk melihat bagaimana eksistensi Museum Lampung di masa pandemi seperti sekarang ini dalam menjalankan fungsinya.

Baca juga:  Melihat Taburan Bintang-Bintang dari Puncak Mas

Terkait akan hal tersebut, Staff Pelayanan Museum Lampung, Zaidan Fauzi (50) menyampaikan setelah hampir setahun sejak pemerintah menetapkan covid-19 sebagai pandemi tingkat nasional pada Maret tahun lalu,ย  tingkat pengunjung museum sangat terdampak dan mengalami penurunan.

“Apalagi selama ini pengunjung terbesar museum ini berasal dari kalangan pelajar. Karena sekolahnya libur, ya jadi pengunjungnya sangat minim sekali. Namun tetap setiap harinya pasti ada pengunjung yang datang kesini,” ungkap Zaidan.

Dia juga menjelaskan aktifitas pelayanan di Museum Lampung selama pandemi ini dikurangi. Dari yang awalnya buka pukul 08.00 hingga sore, saat ini hanya melayani dari pukul 08.00 sampai 14.00. Sementara di akhir pekan, buka hanya sampai pukul 12.00 siang.

Terkait dengan pandemi yang mendera seantero negeri, Zaidan menyampaikan bahwa dari pemerintah, dalam hal ini Dinas Pariwisata telah membantu dalam pengadaan tower (toren air) untuk cuci tangan bagi pengunjung sebelum memasuki museum ini.

T-shirt 120
Baca juga:  Umbul Helau Sering Digunakan untuk Tempat Penelitian

“Kita sudah mendapat bantuan dari Dinas Pariwisata berupa pengadaan tangki air untuk cuci tangan. Namun selama ini sebelum dapat bantuan, ya kita sudah menyiapkan fasilitas untuk melaksanakan protokol kesehatan berupa kran air untuk cuci tangan, penggunaan hand sanitizier, dan pengecekan suhu badan sebelum masuk kegedung museum,” jelasnya.

“Kita harus patuh kepada aturan Pemerintah ya, dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu merupakan bentuk ikhtiar kita untuk mengakhiri pandemi ini,” tambah Zaidan lagi.

Dapat dikatakan bahwa eksistensi Museum Lampung di era pandemi ini masih berjalan dan tetap melayani pengunjung yang datang. Pihak pengelola membuat aturan shift kerja bagi para pegawainya guna menghindari kerumunan, dan sebagai bentuk usaha untuk mengurangi penularan covid-19.

“Mungkin itu ya, jadi pengelolaan museum tetap berjalan. Tetap buka dari jam 8 hingga jam 12 siang. Masalah tingkat pengunjung, ya selain di museum, dimanapun tempat saya rasa mengalami penurunan yang signifikan,” terangnya.

Baca juga:  Mengantongi Sertifikat CHSE, Hotel Astoria Hadir Sebagai Solusi di Tengah Pandemi

“Karena kecenderungannya terjadi peningkatan jumlah positif covid, ya jadi di instansi kami UPTD Museum Lampung juga memberlakukan shift untuk pegawai, sehari kerja sehari off,” pungkas pria yang akrab disapa Bang Zai ini.

Nahh.. Jelas ya Sobat Travel2 … Jadi jangan ragu untuk belajar sejarah dan datang. Museum Lampung tetap buka dan melayani pengunjung.

Pastinya, kapanpun dan dimanapun Sobat Travel2 berada, tetap wajib patuhi protokol kesehatan ya..โ˜บ Salam sehat dan bahagia selalu..ย Tonton vidio untuk info lengkapnya ya sobat Travel2 ..๐Ÿ˜‰ Sampai jumpaa…(Rid/E1)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-