• Menara Siger
Home Kabar Lampung, News Pemprov Lampung Ikuti Rakor Penanganan Inflasi
Kabar LampungNews

Pemprov Lampung Ikuti Rakor Penanganan Inflasi

GUBERNUR Arinal Djunaidi, bersama jajaran Forkopimda Provinsi Lampung mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara virtual yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dari Ruang Auditorium Lt.4 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Selasa (30/8).

Selain dari Mendagri, Rakor juga diisi paparan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono, Kementerian Desa PDTT, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Keuangan, TNI, serta Polri.

Mendagri menyampaikan arahan dari Presiden terkait penanganan Inflasi sebagai imbas dari meningkatnya krisis ekonomi dan politik dunia, terjadinya perang Rusia – Ukraina yang berdampak terhadap perekonomian global, ditambah dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19.

Kridawisata Pendaftaran

Saat ini, tingkat inflasi negara dunia mengalami kenaikan tinggi di atas 10 persen. Bahkan, Sri Lanka 60 persen, Turki 79,6 persen, dan Zimbabwe 259,9 persen. Meski Indonesia masih terkendali di level 4,94 persen, tetapi kita harus menjaga jangan sampai terjadi inflasi yang tidak terkendali.

Baca juga:  Empat Kerajinan Lampung Menang Lomba Produk Unggulan Berpotensi

Oleh karena inflasi Nasional dikontribusi oleh inflasi di daerah, maka Mendagri meminta para Kepala Daerah di seluruh Indonesia untuk melakukan langkah-langkah antisipatif sebagai upaya bersama pengendalian inflasi.

Lebih lanjut, Mendagri menyampaikan bahwa Kepala Daerah agar melakukan optimalisasi anggaran dalam APBD yang terkait dengan pengendalian inflasi daerah, antara lain;

  1. Menjaga keterjangkauan harga, daya beli masyarakat, kelancaran distribusi dan transportasi
  2. Kestabilan harga pangan, ketersediaan bahan pangan terutama dengan kerjasama antar daerah.
  3. Memberikan bantuan sosial untuk masyarakat yang rentan terhadap dampak inflasi di masing-masing daerah.

Dalam hal alokasi anggaran dimaksud belum tersedia, dapat menggunakan alokasi anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) sebagaimana yang telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 500/4825/SJ tentang Penggunaan Belanja Tak Terduga dalam rangka Pengendalian Inflasi di Daerah tertanggal 19 Agustus 2022.(*ls/Lam/Ded)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: wow slot
  2. Pingback: Text inmate

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-