• Menara Siger
Home Destinasi, Wisata Artefak maupun Fitur Kepurbakalaan Pugungraharjo Sangat Unik, Menarik dan Variatif (Bagian Pertama)
DestinasiWisata

Artefak maupun Fitur Kepurbakalaan Pugungraharjo Sangat Unik, Menarik dan Variatif (Bagian Pertama)

Situs Kepurbakalaan Pugungraharjo secara administratif berada di Desa Pugungraharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Situs ini ditemukan pada tahun 1957 oleh penduduk setempat, yang saat itu sedang melakukan penebangan hutan. Mereka, yakni Barno Raharjo, Sardi, Karjo dan Sawal kemudian melaporkan hasil penemuan tersebut ke Dinas Purbakala. Salah satu dari temuan awal tersebut adalah sebuah arca yang bercirikan masa klasik dan berlanggam Budhis.

Sebenarnya, pengungkapan tradisi megalitik di Pulau Sumatera telah banyak dilakukan oleh para pakar, jauh sebelum Indonesia merdeka. Di antaranya adalah Tombrink, Steinmetz, Ullman, Schnitger, Van der Hoop, dan Funke. Namun, Pugungraharjo yang ditemukan ini, tidak dikenal oleh para peneliti tersebut.

Baca juga:  Mengunjungi Sesat Agung Bumi Gayo

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1968, dilakukanlah penelitian awal. Pelaksanaannya dilakukan oleh Lembaga Purbakala yang dipimpin oleh Drs. Buchori.

Oleh oleh khas Lampung

Pada tahun 1973, Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University, melakukan pencatatan dan pendokumentasian terhadap situsyang berada pada ketinggian 80 m dari permukaan laut ini. Hasilnya dituangkan dalam Laporan Penelitian Sumatera.

Penelitian terus berlanjut , hingga pada tahun 1980, dilakukan ekskavasi yang menghasilkan kesimpulan bahwa kompleks megalitik Pugungraharjo ini luasnya adalah sekitar 25 ha.

Pada periode 1977/1978 hingga 1983/1984, situs inipun dipugar oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Pembinaan Sejarah dan Purbakala melalui Proyek Pembinaan dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Lampung.

Baca juga:  Wisata, Konservasi dan Edukasi di Hutan Mangrove Petengoran

Ditinjau dari sisi kronologi, artefak maupun fitur situs ini sangatlah unik, menarik, dan variatif. Tinggalan di situs ini secara kronologi begitu lengkap, mulai dari masa prasejarah, klasik (Hindu – Budha), hingga masa Islam.

Beberapa artefak yang ditemukan antara lain keramik asing dari berbagai dinasti, keramik lokal, manik-manik, dolmen, menhir, pisau, mata tombak, batu berlubang, batu asahan, batu pipisan, kapak batu, batu trap punden, gelang perunggu, dan batu bergores.

Selain artefak, ada juga beberapa fitur. Apa saja itu? Baca lagi artikel selanjutnya ya.. –BESAMBUNG-

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: sbobet
  2. Pingback: sbobet
  3. Pingback: game slot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-