• Menara Siger
Home Kabar Lampung, News Bintang Puspayoga Kunjungi Pasar Kuliner Payungi dan Sentra Kreatif Metro
Kabar LampungNews

Bintang Puspayoga Kunjungi Pasar Kuliner Payungi dan Sentra Kreatif Metro

MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengunjungi berbagai kegiatan di Pasar Kuliner Payungi dan Sentra Kreatif Metro, Minggu (28/11). Dengan diidampingioleh Kadis PPPA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri, di Pasar Kuliner Payungi, Menteri Bintang membuka Sekolah Penggerak Perempuan, dan pameran lukisan.

Hadir dalam acara Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPA RI Leni Nurhayanti, Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Nahar, anggota DPR RI Komisi VIII  I Komang Koheri, Walikota Metro, Wahdi Sirajiddin, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, dan Ketua TP PKK Kota Metro.

Menurut Bintang Puspayoga, pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM) merupakan indikasi utama dari kesejahteraan bangsa.

Kridawisata Pendaftaran

Menteri PPPA RI menyebutkan bahwa kesenjangan perempuan dan anak dalam mengakses, berpartisipasi ikut menentukan arah pembangunan, serta menikmati manfaat pembangunan dapat terlihat dari berbagai indeks dan data.

Baca juga:  Gubernur bersama Forkopimda Lampung Ikuti Upacara Penurunan Bendera Secara Virtual

Tentunya, hal ini menjadi keprihatinan bagi kita semua. Apalagi, menurut berbagai sumber dan hasil penelitian, pandemi Covid-19 yang hingga sekarang masih kita hadapi juga menempatkan kelompok rentan pada posisi yang lebih rentan.

“Di balik segala tantangan yang ada, saya sangat percaya bahwa kesempatan dan peluang pun nyata. Dalam hal ini, potensi perempuan dan anak dalam pembangunan tidak dapat dipandang sebelah mata,” kata Bintang.

Bagi perempuan, selain memiliki ketekunan, kerajinan, dan sensitivitas sosial yang luar biasa, pada kenyataannya perempuan-perempuan Indonesia juga terkenal dengan jiwa gotong royong dan semangat belajar yang luar biasa, yang pada kenyataannya juga terbukti dari Pasar Payungi ini.

Dalam rangka mencapai SDM yang berkualitas dan berdaya saing, kita perlu memberikan perhatian khusus terhadap perempuan dan anak,” tambahnya

Baca juga:  Zulkifli Hasan: Indonesia Masih Menghadapi Tantangan yang Tidak Ringan

Anak-anak merupakan calon pemimpin bangsa, yang memiliki hak untuk dapat dilibatkan aktif dalam pembangunan dan pengambilan keputusan yang menyangkut dirinya.

Tidak hanya untuk memenuhi hak anak semata, telah terbukti sendiri bahwa ide-ide, pemikiran, dan kritik yang membangun dari anak-anak adalah masukan yang berharga dan luar biasa, yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan terhadap kepentingan anak.

Kepercayaan negara pada potensi perempuan dan anak ini salah satunya dituangkan dalam salah satu isu prioritas Kemen PPPA sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo yaitu ”Peningkatan Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan yang Berperspektif Gender.”

Setelah meninjau Pasar Payungi, Menteri Bintang Puspayoga, berkunjung ke Sentra Kreatif Metro (Sekam). Tempat ini khusus untuk memasarkan produk hasil perajin dan UMKM yang ada di Kota Metro. Di sana terdapat berbagai macam produk dari perajin dan UMKM produksi lokal seperti batik ciprat, tapis, ecoprint. Kemudian ada kriya seperti tapis tapi dibuat dompet, topi, dan lainnya. Pembuatan kerajinan tersebut dilakukan oleh pengrajin setempat, masyarakat sekitar dan anak-anak kebutuhan khusus (disabilitas).

Baca juga:  Kepala BPS Provinsi Lampung: Prasyarat Utama Reformasi Sistem Perlindungan Sosial adalah Transformasi Data Menuju Registrasi Sosial Ekonomi Seluruh Penduduk

Bintang Puspayoga mengapresiasi karya-karya masyarakat dan anak-anak di Kota Metro, dengan adanya Sekam hal tersebut membangun ekonomi kreatif untuk Metro sendiri.(*ls/E1)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: cabo real estate
  2. Pingback: 이천반영구

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-