• Menara Siger
Home Destinasi, Wisata Mengunjungi Sesat Agung Bumi Gayo
DestinasiWisata

Mengunjungi Sesat Agung Bumi Gayo

Indonesia adalah negara yang memiliki aneka ragam suku dan budaya. Namun, semuanya menjadi satu dalam Bhineka Tunggal Ika. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mengenal budaya sebagai jati diri bangsa.

Di Panaragan Jaya, Kabupaten Tulang Bawang Barat, ada destinasi yang dapat menambah wasasan tentang budaya Lampung. Terutama bagi anak muda, pelajar dan mahasiswa. Namanya Sesat Agung Bumi Gayo.

Rumah ini merupakan gabungan dari 4 (empat) rumah besar yang menaungi 5 (lima) rumah. Filosofinya adalah 4 (empat) marga besar yang ada di Tulang Bawang, bersatu dalam satu atap bersama transmigran asal 5 (lima) pulau besar yang ada di Indonesia.

Kridawisata Pendaftaran

Rumah adat yang berupa rumah panggung ini memiliki 2 (dua) lantai. Bagian atas dan bawah rumah yang terbuat kayu ini mempunyai fungsinya masing-masing. Bagian bawah terdapat ruang pemangku adat, ruang tamu dan kamar mandi. Sedangkan, bagian atas digunakan para pemangku adat sebagai tempat bermusyawarah.

Baca juga:  Umbul Helau Sering Digunakan untuk Tempat Penelitian

Banyaknya ornamen dan ukiran bernuansa budaya yang menghiasi, membuat rumah Sesat Agung Bumi Gayo semakin indah dan mempesona.  Seperti yang ada pada bagian langit-langit, terdapat ukiran berupa11 (sebelas) nama desa tua di Tulang Bawang Barat. Ukiran tersebut ditulis dalam huruf Kaganga.

Halaman rumah yang terbuat dari kayu ini dilengkapi dengan taman yang ditanami rumput-rumputan hijau dan beberapa pohon. Di bagian depan, terdapat danau yang sangat luas. Tampak airnya bergerak-gerak karena tertiup angin. Wuiiih…segar sekali. Bagi beberapa orang, suasana ini malah bikin ngantuk, terutama di siang hari.

Para pengunjung yang datang biasanya berjalan-jalan keliling, menikmati keindahan rumah dan halaman. Kalau sudah capek, bisa juga duduk-duduk bersantai sambil ngobrol bareng teman, di beberapa tempat yang suasananya sangat teduh dan nyaman. Bagi yang hobi selfie, akan menemukan banyak spot-spot berfoto yang instagramable.

Oh..iya, di samping Sesat Agung Bumi Gayo, berdiri dengan megah Masjid Baitus Shobur, yang juga tak kalah indah. Karena itu lah, banyak juga yang menyebut lokasi ini sebagai “tempat wisata dunia akhirat”.

Baca juga:  Pantai Mutiara Baru, Destinasi di Lampung Timur yang Recommended untuk Kunjungi

Ayo mampir ke Lampung, ayo mampir ke Sesat Agung Bumi Gayo. Dunia dapat, bekal akhirat pun dapat. (fou)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: sportsbet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-