Home Exclusive, Info 3 Produk UMKM Lampung yang Sangat Unik
ExclusiveInfo

3 Produk UMKM Lampung yang Sangat Unik

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha yang jumlahnya cukup besar. Berbagai produk dan jasa dihasilkan dalam rangka memenuhi permintaan. Berikut 3 produk unik UMKM Lampung yang pasarnya tembus ke luar Lampung, bahkan luar negeri.

Jam Tangan Kayu Yolby
Kalau kebanyakan jam tangan terbuat dari logam dan plastik ataupun karet, lain halnya yang diproduksi oleh Siswanto. Pria ini membuat jam tangan unik dari bahan kayu. Produk yang dihasilkannya diberi merek “Yolby”, berasal dari singkatan nama kedua anaknya, yaitu Yolanda dan Deby.

Siswanto mendatangkan bahan baku kayu, langsung dari Pulau Jawa.  Ia mengerjakan sendiri proses produksinya. Mulai dari design, perakitan, hingga finishing, dilakukan di workshop yang masih bagian dari rumahnya di Jalan Garuda, Gg. Merak 1 No.34 Pinang Jaya, Kemiling, Bandar Lampung

Kridawisata Pendaftaran

Sebagai pelaku UMKM, pria yang biasa dipanggil Bang Sis ini cukup akrab dengan internet. Supaya jangkauannya lebih luas pemasaran dilakukan melalui media sosial dan beberapa marketplace, seperti bukalapak, shopee, dan tokopedia. Pesanan pun datang dari berbagai penjuru nusantara, terutama dari Jawa. Bahkan, ada juga pesanan dari luar negeri, seperti Singapura dan Australia. Satu buah jam tangan yang dibanderol dengan harga Rp250 ribu, sudah termasuk design dan garansi mesin selama 6 bulan.

Baca juga:  Anjosia Kopi, Inilah Kopi Lampung Asli

Gitar Custom Mas Yanto
Gitar merupakan satu dari sekian dari banyak alat musik yang banyak penggemarnya. Instrumen ini biasanya mudah didapatkandi toko-toko yang menjual peralatan musik dan olahraga. Namun, tahu tidak Guys? Kita juga bisa memiliki gitar custom, alias dibuat berdasarkan pesanan atau keinginan konsumen.

Nah ada loh, UMKM Lampung pengerajin gitar custom yang dapat melakukannya. Namanya Mas Yanto. Ia telah  menjalankan usaha tersebut sejak tahun 90-an. Pelanggan biasanya minta dibuatkan gitar dan bass akustik, baik akustik maupun elektrik. Selain itu, ia juga menerima jasa servis, perbaikan ataupun reparasi untuk kedua instumen terebut.

Mas Yanto menjual hasil karyanya mulai dari Rp250.000-an hingga jutaan. Harga tersebut tergantung dari spesifikasi bahan dan model yang diinginkan. Pelanggan biasanya menginginkan harga murah namun bisa mendapatkan gitar yang bagus. Pesanan datang tidak hanya dari Lampung saja. Ada juga dari daerah yang cukup jauh, seperti Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga:  Warung Ginda Memproduksi Aneka Pot Bunga

Pot Bonsai dari Warung Ginda
Pemilik Warung Ginda, Sofan Fataini membuat dan menjual aneka pot bonsai dengan usaham yang diberi nama Warung Ginda. Pria berusia 45 tahun ini sudah cukup lama menekuni usaha satu ini. Awalnya, ia membuat pot hanya iseng saja, sekedar kegiatan untuk mengisi waktu luang. Setelah beberapa kali mencoba dan terus belajar, kini pot hasil karya pria yang biasa disapa Kang Sofan ini terbilang laku karena banyak yang menyukainya.

Dalam proses pembuatan, Sofan menggunakan alat yang sangat sederhana. Ia membuat cetakan dengan memanfaatkan barang-barang bekas alat rumah tangga. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan jadi minimalis. Sedangkan, produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus.

T-shirt 120
Baca juga:  Perluas Pencarian Donor dan Ketersediaan Darah, Smartfren Community Gandeng Blood4LifeID

Dalam sehari Sofan dapat membuat sekitar 10 buah pot. Namun semua tergantung dari cuaca, karena proses pengeringan membutuhkan panas matahari. Untuk harga, sekitar Rp40 ribu, tergantung dari model dan ukuran. Oh ya, Guys, bagi kamu yang ingin belajar membuat pot bunga, Kang Sofyan selalu terbuka untuk teman, atau siapapun. Datang saja ke Warung Ginda di Jl. Bumi Manti, Gg. M. Umar No. 22B.(Alv/E1)

Author

admintravel2lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-