Home Berita Nasional, News Bea Cukai Tindak Rokok Ilegal di Kudus dan Labuan Bajo
Berita NasionalNews

Bea Cukai Tindak Rokok Ilegal di Kudus dan Labuan Bajo

PENINDAKAN rokok ilegal dilakukan Bea Cukai Kudus. Modus peredaran rokok ilegal yang berhasil digagalkan, yakni dengan menggunakan bus antarkota dan perdagangan online. Sebuah bus yang telah menjadi target operasi di Terminal Jati, Kudus, diperiksa petugas karena dicurigai membawa sejumlah rokok ilegal.

“Dari hasil pemeriksaan, didapati 64 ribu batang rokok tanpa pita cukai. Diketahui juga barang tersebut dibawa seorang penumpang berinisial R yang berasal dari Jepara. Untuk itu, petugas membawa orang tersebut dan barang bukti ke Kantor Bea Cukai Kudus,” ungkap Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana dalam rilisnya, Senin (8/8).

Dalam waktu yang berbeda, petugas Bea Cukai Kudus juga berhasil menggagalkan beredarnya rokok ilegal lewat jasa pengiriman. Dari informasi yang diperoleh petugas, terdapat paket kiriman dari Mayong, Jepara, yang berisi rokok ilegal. Dari hasil pemeriksaan, terdapat rokok sebanyak 32 ribu batang tanpa pita cukai.

Tas Delivery
Baca juga:  Gubernur Arinal Djunaidi Ikuti Pemusnahan Barang Ilegal

Total nilai barang dari kedua penindakan tersebut ditaksir mencapai Rp109.440.000 dengan potensi kerugian negara mencapai Rp73.319.040.

Selain itu, upaya penegakan hukum terhadap peredaran rokok ilegal juga dilakukan Bea Cukai Labuan Bajo. Pengadilan Negeri Ende, Nusa Tenggara Timur, memutuskan terdakwa berinisial FP yang terbukti secara sah menjual barang kena cukai tanpa dilekati pita cukai bersalah dan dijatuhi hukuman serta denda sebesar Rp205.920.000.

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Kantor Bea Cukai Labuan Bajo Joko Pri Sukmono Dwi Widodo mengungkapkan kronologi atas kasus rokok ilegal tersebut.

“Berawal dari laporan masyarakat, pada Februari 2022, telah dilakukan penindakan terhadap sebuah mobil pick up yang saat itu diduga mengangkut rokok ilegal di wilayah Wolowaru, Kabupaten Ende,” ungkap Joko.

Baca juga:  Harga Telur Ayam Ras di Tingkat Eceran secara Nasional sudah Turun Hingga 2,2%

Atas penindakan tersebut, Bea Cukai Labuan Bajo berkoordinasi dengan Polsek Wolowaru dan Polres Ende untuk melakukan pendalaman. Pada awal April 2022, proses penyidikan mulai dilakukan tim penyidik Bea Cukai Labuan Bajo. Pada 10 Juni 2022, berkas penyidikan dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejaksaan Negeri Ende dan dilanjutkan dengan proses penuntutan di Pengadilan Negeri Ende.(*ls/Jur/Bea)

Kabin Bagasi Koper Tas Travel Polo

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: click for more
  2. Pingback: 늑대닷컴
  3. Hi there! This is my first visit to your blog! We are a team of
    volunteers and starting a new initiative in a community in the same
    niche. Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a wonderful job!

  4. Pingback: Bubble Tea
  5. Pingback: solitaire
  6. Pingback: try this
  7. Pingback: 8 mushrooms powder
  8. Pingback: 토토굿게임
  9. Hey would you mind sharing which blog platform you’re
    working with? I’m going to start my own blog soon but I’m having a
    hard time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your layout seems different then most
    blogs and I’m looking for something unique.
    P.S Sorry for being off-topic but I had to ask!

  10. Pingback: Among us hacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com-