• Menara Siger
Home Destinasi, Wisata Segarnya Air Pegunungan hingga Nilai Sejarah di Way Benteng Kedagaan (WBK)
DestinasiWisata

Segarnya Air Pegunungan hingga Nilai Sejarah di Way Benteng Kedagaan (WBK)

Halo.. Sobat Travel2, pernah kebayang gak duduk bersantai sambil ngopi diiringi suara gemercik air yang bersumber dari sebuah gunung? Kalau belum, yuk mari kita kenalan dengan Way Benteng Kedagaan (WBK), sebuah tempat yang dapat menyajikan hal tersebut.

Tempat yang memiliki letak administratif di Desa Padan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan ini menyuguhkan panorama alam yang luar biasa bagi sebuah wisata yang konsen pada wahana pemandian air tawar (kolam renang). Sumber air yang digunakan tempat ini asli berasal dari punggung Gunung Rajabasa. Selain kesegaran dan kesejukan, terdapat juga banyak nilai sejarah peradaban yang masih tersembunyi sebagai daya tarik lain.

Sembari menikmati pesona keindahan alam sekitar, Travel2Lampung berbincang langsung dengan pengelola sekaligus pemilik tempat wisata ini. Nama panggilannya Bang Joni, warga asli setempat yang secara turun temurun memang diwarisi tempat yang saat ini dijadikan sebagai destinasi wisata pemandian air tawar.

Kridawisata Pendaftaran

Pria yang memiliki nama lengkap Joni Unyi ini menyampaikan bahwa awalnya tidak mengerti apa maksud dari kakeknya yang meminta dia untuk menjaga dan memanfaatkan tempat tinggal mereka itu agar nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga:  Pantai Tapak Kera Masih Sangat Alami dengan Airnya yang Jernih

“Terhitung cukup lama bagi saya menyadari bahwa amanah yang ditinggalkan kepada saya adalah untuk membuat sebuah tempat wisata pemandian air tawar sembari memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia disini,” kata Joni.

Berlandaskan dari amanah yang dititipkan kepadanya, akhirnya tempat yang awalnya berupa terasiring bertebing ini disulaplah menjadi kolam renang bertingkat yang amat mengesankan. Bergaya alami nan asri, tempat pemandian ini menawarkan kesegaran yang nyata. Bagaimana tidak, air yang ditampung dalam pemandian ini asli berasal dari Gunung Rajabasa. Wuihh…, segarnya.

“Bahwa saat ini masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut untuk menambahkan fasilitas lain ditempat ini guna menambah daya tarik pengunjung,” tambah Joni.

Selain pemandian air tawar yang menyegarkan, terdapat beberapa penemuan peninggalan bernilai sejarah yang tersimpan ditempat ini. Satu dari beberapa di antaranya berupa artefak guci yang bermotif naga terbang. Barang ini merupakan peninggalan dari peradaban sebelumnya.

Baca juga:  Suasana Alami Taman Pancur Indah

Joni juga mengatakan kalau beberapa arkeolog dari Bandung pun sempat singgah. Mereka ingin melihat bukti nyata sejarah  dan kearifan lokal ditempat ini. Selain mereka, masyarakat awam pun tertarik datang kesini karena alasan yang sama, bukan hanya untuk menikmati pemandianya .

“Bahkan ada pengunjung yang pernah dan sempat menawar barang tersebut untuk dibeli dan dibawa pulang. Namun dengan tegas dan sopan saya menolaknya, dikarenakan memang barang-barang yang berada disekitar sini merupakan amanah yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaanya,” kata Joni lagi.

Terakhir, pria yang kerap menggunakan Tukkus (penutup kepala khas Lampung) ini, mengungkapkan kebanggaannya terhadap potensi wisata yang dimiliki Provinsi Lampung, khususnya Lampung Selatan. Menurutnya pawisata di sini mengandung nilai sejarah, juga kearifan lokal budaya. Dia juga berharap semoga sektor pariwisata semakin berkembang dan dikenal luas. Tidak hanya oleh warga Lampung tapi juga secara nasional bahkan internasional.

Baca juga:  Rekreasi dan Mancing Gratis di Danau Tirta Gangga

Nah, seru banget kan Sobat Travel2? Buruan deh, jangan ragu untuk menyempatkan datang ke Benteng Way Kedagaan. Gak mahal kok, cukup dengan Rp5.000,- Sobat Travel2 sudah bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada. Bahkan pondokan gazebo dan kamar mandi yang terkadang ditempat lain harus bayar, disini free alias gratis. Dijamin bakal ingin kembali lagi setelah pulang dari sana.

Tak henti Travel2Lampung selalu mengingatkan kepada Sobat Travel2 agar selalu mematuhi protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun berada. Salam sehat dan selalu bahagia…By the way, tonton sampai selesai video di atas ya. Sampai jumpa lagi…(Rid/E1)

Author

admintravel2lampung

Join the Conversation

  1. Pingback: benelli m2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

-Untuk kerjasama (promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner dan penayangan banner), silahkan hubungi e-mail: admin@travel2lampung.com atau WA: 08117230050-